SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA BANJARANSARI KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI BANJARANSARI NYAWIJI SEGERA AKTIFKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI KANTOR DESA BANJARANSARI DENGAN MEMBAWA E-KTP & HP ANDROID (TIDAK DIPUNGUT BIAYA) MELAYANI PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DAN AKTA KEMATIAN

Artikel

KEGIATAN SUB PEKAN IMUNISASI NASIONAL (SUB PIN) POLIO 2024 DESA BANJARANSARI DEMI GENERASI EMAS BEBAS POLIO

15 Januari 2024 13:01:37  Administrator  133 Kali Dibaca  Berita Desa

banjaransari.desa.id Kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio di Desa Banjaransari telah diselenggarakan oleh Puskesmas Padas pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024, berlokasi di Balai Desa Banjaransari dengan jumlah sasaran 158 Balita dan berlokasi di SDN Banjaransari 2, MI Rosa, TK Dharmawanita Banjaransari,KB Amanah, TK Rosa, KB Rosa secara mobile dengan jumlah sasaran 161 anak usia 0-7 tahun (7 tahun 11 bulan 29 hari) tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Kegiatan ini didampingi oleh Ketua TP PKK Desa Banjaransari dan Kader PKK Desa,dalam sambutannya Ketua PKK Desa Ny.Retno Dodik Surya Mukti Wijaya menghimbau kepada masyarakat Desa Banjaransari untuk menjaga kesehatan serta ikut mensukseskan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio ini, sehingga Desa Banjaransari terbebas dari Polio.

Polio adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus polio menyerang sistem syaraf pusat yang dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Virus ini berkembang biak di dalam saluran pencernaan dan keluar melalui tinja. Virus tersebut dapat bertahan selama 3-6 minggu pada tinja dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan air atau makanan yang terkontaminasi kotoran/tinja orang yang terinfeksi virus polio.

Salah satu gejala polio adalah lumpuh layu, yaitu kelumpuhan yang terjadi secara mendadak dan bersifat layuh atau lemas pada anak di bawah usia 15 tahun.

Polio adalah penyakit yang tidak dapat diobati, namun dapat dicegah dengan imunisasi.

Berikut adalah beberapa cara pencegahan penyakit polio:
1. Imunisasi polio
2. Buang air besar (BAB) di toilet/WC
3. Tidak membuang diapers/popok bayi sembarangan
4. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir
5. Membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ngawi-Pangkur Km 10
Desa : Banjarsari
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desobanjaransari@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:39
    Kemarin:182
    Total Pengunjung:35.477
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.34.21
    Browser:Tidak ditemukan

 INFORMASI APBDES