SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA BANJARANSARI KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI BANJARANSARI NYAWIJI SEGERA AKTIFKAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI KANTOR DESA BANJARANSARI DENGAN MEMBAWA E-KTP & HP ANDROID (TIDAK DIPUNGUT BIAYA) MELAYANI PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DAN AKTA KEMATIAN

Artikel

APARATUR DESA DAN PENGURUS KELEMBAGAAN DESA DI NGAWI IKUTI PELATIHAN P3PD TAHUN 2023 DI SURABAYA

09 November 2023 10:59:28  Administrator  37 Kali Dibaca  Berita Nasional

Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa Dan Pengurus Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).

Program Penguatan Pemerintahan Dan Pembangunan Desa atau P3PD itu merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia (World Bank) yang dilaksanakan selama delapan minggu di 33 Provinsi, dari minggu ke-3 September hingga minggu ke-2 November 2023.

 “Mudah-mudahan melalui pelatihan P3PD dapat membuat desa lebih baik dalam perencanaan pembangunan desa dan yang terpenting adalah tujuan dari program, yaitu meningkatkan belanja desa yang berkualitas,” kata Mariani Setyowati, salah satu nara sumber dari Balai Besar Kota Malang.

Mariani menjelaskan bahwa teknologi digital sekarang telah mempermudah para aparatur desa dalam mendapatkan berbagai informasi yang berguna dan dapat mendorong kemajuan di desa masing-masing.

“Kita sepakat desa adalah target pemerintah dalam hal pembangunan, maka dari itu dana yang diterima desa harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya melalui perencanaan partisipatif dengan melibatkan BPD, LKD, dan organisasi kemasyarakatan yang lainnya,” imbuh Mariani.

Sedangkan nara sumber lainnya, Sudarwati dari Dinas PMD Kabupaten Lamongan menjelaskan bahwa kemajuan desa sangat tergantung pada kapasitas aparatur pemerintahan desa dan lembaga sebagai mitra pembangunan.

“Karena aparatur desa tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan pengurus kelembagaan desa, harus punya kesepahaman dan tujuan untuk melangkah bersama,” pungkas Sudarwati.

Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut peserta diberikan materi kepemimpinan oleh Kapten Saut Tua Marpaung dari Kodam V Brawijaya.

Pelatihan yang akan berakhir besok itu juga diisi materi tentang Kelembagaan PKK

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 2.754 Kali
Kontak Kami
26 Agustus 2016 | 481 Kali
Sejarah Desa
29 Juli 2013 | 433 Kali
Profil Desa
30 April 2014 | 424 Kali
PKK
24 Agustus 2016 | 407 Kali
Data Desa
24 Agustus 2016 | 394 Kali
Pemerintah Desa
07 November 2014 | 387 Kali
Pemerintahan Desa

 Agenda

 Sinergi Program

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ngawi-Pangkur Km 10
Desa : Banjarsari
Kecamatan : Padas
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desobanjaransari@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:4
    Kemarin:319
    Total Pengunjung:42.000
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.5.68
    Browser:Mozilla 5.0

 INFORMASI APBDES